Maps

Minggu, 12 Desember 2010

Mengolah buku perpustakaan dengan e-DDC 22


Mungkin selama ini para pustakawan dalam membuat atau menentukan nomor klasifikasi mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama. Namun saat ini sudah diciptakan sebuah E-DDC yang bisa menghemat waktu kita dalam membuat sebuah nomor klasifikasi. Seperti apa dan bagaimana seorang pustakawan menggunakan serta mendownload e-DDC ini ?
Pada intinya software ini adalah untuk membantu pustakawan atau petugas perpustakaan untuk menentukan nomor klasifikasi secara lebih mudah dari pada menggunakan sistem yang manual (memakai buku pedoman klasifikasi DDC yang versi aslinya tebal yang terdiri dari 4 buku).
Software ini – tentu saja free alias gratis. Bisa Anda download di link ini yang tersedia di bagian akhir tulisan ini. Software ini mudah instalasinya. Cara instalasi dapat diminta dan akan kami sediakan juga gratis. Setelah instalasi, juga terdapat cara untuk mengubah icon e-DDC agar tampilannya lebih menarik. 

Content/isi e-DDC meliputi semua nomor klasifikasi DDC mulai kelas 000 – 999 beserta tabel-tabel pembantu. Penasaran kan ? lebih baik segera download dan dipraktekkan langsung dan jangan lupa beri komentar serta masukan jika terdapat kekurangan.


Berikut ini adalah tampilan utama e-DDC :


Apabila e-DDC sudah terinstal, akan tampak menu default sebagaimana ilustrasi di atas. Seperti pada umumnya halaman web (yang menggunakan format HTML, pen.), maka pada e-DDC akan banyak ditemui link-link/tautan yang menghubungkan antar halaman web dalam software e-DDC tersebut, dengan tujuan untuk memudahkan penggunaan. Cukup klik sana-sini menggunakan mouse, maka dapat menuju halaman mana yang sesuai dengan topik atau bahasan yang Anda inginkan.
 
Hasil pencarian akan muncul dalam hightlight warna biru. Ada kalanya akan muncul beberapa hightlight. cari saja yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan. Dari pada terus-terusan membuka-buka buku Sistem Index Klasifikasi DDC kalau lagi mengerjakan tugas klasifikasi, lebih cepat dengan mengguakan e-DDC. Gambar penelusuran seperti di bawah ini :


Yang mau download silahkan melalui email : pundiilmu@gmail.com atau langsung unduh : e-DDC 22 Edisi terbaru, setelah dicoba mohon tanggapan di kolom komentar. Jika mengalami error silahkan unduh melalui link disini : e-ddc_edition_22.html.

Penyempurnaan dari versi sebelumnya, yang mana klasifikasi agama menggunakan versi Departemen Agama 2X0 yang disosialisasikan khusus untuk perpustakaan Madrasah, atau Masjid. Namun sekarang dilengkapi dengan kelas 297 yang benar-benar dari standar Dewey Decimal Classification sehingga diharapkan bagi pustakawan yang ingin konsisten dengan standar DDC khusus agama Islam sudah tersedia meski klas versi terdahulu masih tetap disediakan (2X0). Perlu diingat bahwa 2X0 hanya digunakan di Indonesia, oleh sebab itu jika perpustakaan ada dikunjungi orang asing maka mereka pasti binggung.....karena di DDC tidak ada. Sebenarnya jika ini Tim Klasifikasi bisa mengusulkan ke pusat DDC untuk dijadikan standar internasional sebelum digunakan, apakah disetujui Penciptanya DDC atau tidak. atau mungkin perlu didiskusikan terlebih dahulu. Tidak serta merta membuat klasifikasi kemudian diterapkan, semoga kajian ini menambah pengetahuan mereka. Biasanya jika belum bisa masuk ke dalam buku standar DDC biasanya akan dikeluarkan dalam bentuk Suplemen Standar DDC seperti yang lazimnya berlaku.

  • Notasi 297 Agama Islam untuk e-DDC Edition 22 sudah "100 %" berdasarkan DDC (cetak) Edisi 22 (dengan catatan notasi 2X0 tetap disertakan untuk mengakomodasi pihak-pihak yang masih menggunakannya).
  • Penyempurnaan notasi-notasi lainnya sesuai DDC (cetak) Edisi 22, seperti notasi 200 - 209 yang pada e-DDC versi sebelumnya tidak ada.
  • Penambahan content Thesaurus yang memuat daftar kata-kata yang digunakan di e-DDC Edition 22 untuk menghindarkan kesalahan pengejaan.

  • Tidak lupa selamat dan sukses kami sampaikan kepada rekan kita Rotmianto Mohamad, atas prestasi dan karyanya yang telah membantu meringankan tugas Pustakawan di mana saja mereka berada. Sehubungan dengan itu,  melalui blog ini pula kami sampaikan terima kasih dan sekali lagi sukses selalu !

    2 komentar:

    1. Bersama ini saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak yang telah turut menyosialisasikan e-DDC saya yang sederhana. Tak lupa, kritik dan saran saya nantikan demi perkembangan e-DDC di masa mendatang. Btw, bagus sekali blognya Pak, banyak ilmu yang bermanfaat. Sekali lagi terima kasih...

      BalasHapus
    2. Mudah-mudahan bermanfaat untuk pak Tjuk pribadi dan semua rekan-rekan pustakawan maupun non pustakawan. Sukses buat dik Rotmianto, karyamu sangat membanggakan dan benar-benar bermanfaat.

      BalasHapus