Maps

Kamis, 16 Desember 2010

Tips untuk pustakawan mengolah buku buku tanpa buku Standard DDC dan atau buku Standard LC ?

Pemanfaatan internet pustakawan, hendaknya jangan sekedar hanya untuk email, buka facebook, netlog, friendster, chatting, dan lain sebagainya. Hal ini tidaklah salah, karena ada manfaat dalam  membangun suatu jaringan komunitas baik pribadi maupun instansi dimana kita bekerja, termasuk ikut serta dalam forum-forum diskusi untuk pengembangan ilmu. Namun alangkah bermanfaatnya jika akses internet yang tersedia itu diberdayakan  lebih optimal untuk menyelesaikan tugas pustakawan secara langsung dan nyata.
Dalam tulisan ini, kami mencoba untuk memberikan sumbangsih pengalaman kami, untuk memanfaatkan akses internet secara nyata (real) sebagai pengganti buku standard yang biasa kita gunakan  khususnya bidang pengolahan dokumentasi dan informasi. Beberapa buku standard yang harus kita gunakan, antara lain adalah :
      Pertama, Dewey Decimal Classification (DDC) ; kedua, Library of Congress Subject Heading (LC) atau Sears List of Subject Heading; ketiga, Anglo American Catalog Rules (AACR2) 2nd edition. Betapa sulitnya jika pekerjaan ini dikerjakan secara manual. Sungguh banyak waktu terbuang dalam pekerjaan dengan menggunakan cara manual. Tetapi dalam hal ini tidak berlaku bagi perpustakaan yang memang sampai saat ini belum memiliki akses internet, mau tidak mau proses tersebut harus dilaksanakan dengan cermat,  cepat dan tepat atau teliti. Untuk perpustakaan yang sudah tersedia akses internet semua buku standard itu bisa kita sisihkan (disimpan saja).

Kita ganti dengan satu unit komputer yang tersedia  akses jaringan internet.  Yang perlu diperhatikan disini hanya kondisi akses jaringan itu sendiri bagaimana ? Jika terlalu lambat memang hal ini juga mempengaruhi dalam kecepatan penyelesaian pekerjaan kita. Sebaiknya kita kembali ke cara manual atau kita gunakan saja e-DDC yang diciptakan teman kami pustakawan Magetan saudara Rotmianto Muhamad (Sukses !!!).

Tips ini dilakukan beberapa langkah :
Pertama-tama link terlebih dahulu ke website Library of Congress : http://catalog.loc.gov, sehingga muncul halaman utama website LOC tersebut seperti berikut ini :


Pilihlah Basic search kemudian klik maka akan diarahkan pada halaman berikut ini :


Dari ruas Search Text seperti gambar di atas saya coba ketik istilah Bio energy, karena saya ingin klas berapa yang cocok dan tepat tentang Bio energy itu. Judul buku asli, yang tertera di halaman judul adalah : Geothermal and bio-energy yang dikarang oleh Ian Graham. Ketik bio energy kemudian [enter], maka akan muncul halaman seperti berikut ini :


Dari ruas judul Geothermal and bio-energy yang kita pilih kemudian [enter] maka halaman akan muncul seperti berikut ini :


Agar halaman memberikan deskripsi catalog secara lengkap pilih Full Record, maka halaman inilah yang kita harapkan, proses ini benar-benar sangat membantu kita untuk mempercepat proses pengolahan buku-buku perpustakaan, dimana ruas-ruas  Judul, pengarang, deskripsi  fisik, subyek semua sudah tersedia disini, yang menarik lagi masing-masing ruas tersebut dapat kita kopi paste ke dalam ruas entrian perangkat lunak yang kita pakai sebagai contoh, pada Athenaneum, Senayan (SLiMS), Libits, LinsPRO, Libra, dll.

Jika langkah tersebut digunakan, masih perlukah buku-buku standard kita gunakan, jawabnya masih perlu karena tidak semua buku yang ada di Catalog LOC tersebut ada nomor klas DDC nya, setidak-tidaknya sudah membantu kita dalam pekerjaan entri dengan cara copy paste. Hasil copy paste sepeti di bawah ini :

Yang perlu menjadi perhatian kita adalah klas yang ada di LOC tersebut biasanya tertulis demikian :
No. Klas. : 333.88 Gra g            --->  333.8/8 21 (sumber Dewey Class.)
Pustakawan boleh menentukan  333.8 atau 333.88 sedangkan 21 adalah buku DDC edisi 21 menurut AACR2 edisi tidak perlu dituliskan dibelakang nomor kelas (dihilangkan saja).
Pengarang : Graham, Ian, 1953-
Judul : Geothermal and bio-energy.
Penerbit :  Austin, Tex. : Raintree Steck-Vaughn, c1999.
Deskripsi fisik : 48 p. : ill. (some col.); col. map ; 28 cm.
ISBN : 081725367X
Catatan ringkas : Defines geothermal and bio energies, and explains their advantages and disadvantages.
Subyek :             Geothermal resources --Juvenile literature.
                          Biomass energy --Juvenile literature.
                          Geothermal resources.
                          Biomass energy.

Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kita semua dan sukses selalu ! Maaf telah terjadi perubahan tampilan dari Librarry of Congress Online Catalog, namun cara browsing dan hasil detailnya tetap sana dengan yang lama. Pustakawan yang ingin kerja secara efektif dan efisien pasti memilih buku standard klasifikasi ini :

Library of Congress Online Catalog

2 komentar: