Maps

Rabu, 15 Desember 2010

Klasifikasi Buku Perpustakaan dengan CD DDC Edisi 21

Dalam kegiatan pengolahan buku-buku perpustakaan memerlukan beberapa buku standar, antara lain : Dewey Decimal Classification (DDC); Anglo American Catalog Rules (AACR2); Library of Congress Subject Heading; atau Sears List of Subject Heading. Dengan demikian tentu banyak buku-buku standar yang secara fisik tebal-tebal harus tersedia di meja pustakawan bagian klasifikasi. Temukan solusinya dan ambil manfaatnya, rasakan bedanya cara manual dengan media CD ikuti ulasan selanjutnya.
Dengan kehadiran CD DDC Edisi 21 sangat membantu pustakawan mengurangi penggunaan buku standar DDC dalam bentuk buku. Bahkan 4 buku standar DDC yang tebal tadi tergantikan oleh 1 keping CD. Dalam penggunaan CD yang terus-menerus juga kurang praktis sehingga diperlukan software tambahan yaitu Virtual CD. Yang mana software ini mampu merubah bentuk CD menjadi file image yang berperan sebagai media CD ROM sekaligus isinya yaitu DDC Edisi 21. Bagi yang berminat bisa kirim email ke : pundiilmu@gmail.com
Tampilan layar software DDC edisi 21 seperti berikut ini :

                                         Tampilan layar Windows DDC Edisi 21

Di bawah ini tampilan elemen-elemen windows DDC Edisi 21 : klas persepuluhan; klas rincian, termasuk  rujukan (referens notasi) yang disarankan dan yang tidak boleh digunakan. Dengan software ini pustakawan sudah tidak dirumitkan lagi dengan menelusuri notasi pada 4 buku DDC yang tebal-tebal, bahkan sangat berat.

                                         Penggunaan sangat praktis dan mudah

Selain cara penggunaan maupun pembuatan image tersebut akan kami bantu hingga benar-benar bisa digunakan dalam menyelesaikan tugas anda. Sukses dan selamat berprestasi !

3 komentar:

  1. Wah ini yang saya perlukan.... Mohon saya dikirimi ya Pak... Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  2. Virtual sinonimnya maya, jadi semua program yang harus berjalan di CD bisa dijalankan di komputer tanpa harus menggunakan CD lagi.

    BalasHapus
  3. mohon saya dikirimkan ya pak, karena ini yang sangat saya butuhkan

    BalasHapus