Maps

Senin, 27 Desember 2010

Tips tentang folder atau file komputer yang tidak berguna


File atau folder yang tidak berguna jika kondisi normal mudah untuk dihapus (dellete). Namun pada kasus tertentu terkadang tidak dapat dihapus. Pengalaman kejadian dimana penulis pernah mengalami kesulitan saat menghapus suatu file dari Windows Explorer. Pada kondisi akan dihapus selalu muncul "warning" yang sangat menjengkelkan, Windows Explorer memperingatkan bahwa file itu masih digunakan oleh sistem, kesimpulan file tersebut tidak bisa dihapus.
Kejadian itu bermula ketika kami melakukan setup aplikasi tertentu, aplikasi berhasil terinstal ke dalam komputer. Namun karena kurang bermanfaat maka program tersebut kami hapus melalui uninstal namun gagal dan melalui hapus (del) file juga demikian. Informasi "warning" file tersebut ketika dihapus, muncul seperti gambar berikut ini :

 
Berbagai fasilitas del (dellete) gagal untuk menghapus file tersebut. Kami coba menggunakan task manager dengan cara klik (ctrl + alt + del) secara bersamaan lalu akan muncul jendela baru task manager klik tab processes dan cari explore lalu klik end process dibagian bawah sebelah kanan. Gambar task manager windows akan muncul seperti ini :

Setelah explore dimatikan maka secara otomatis star menu juga akan hilang, tetapi tidak perlu kuatir nanti bisa dimunculkan lagi. Langkah kedua masih dijendela task manager sekarang klik tab applications klik new task lalu akan muncul lagi jendela baru (create new task) klik browse dan cari dimana kita menyimpan file yang ingin dihapus setelah ketemu tempat penyimpanannya kita ganti file tipe dibagian bawah yang tadinya program dengan all file maka akan kelihatan file yang kita cari, klik kanan pada file tersebut dan pilih delete atau jika ingin menghapusnya tanpa harus tersimpan dulu di recycle bin bisa langsung (shift + del) maka akan terhapus dan tidak bisa ditemukan didalam recycle bin.

Jika cara tersebut masih gagal, barulah kita gunakan bantuan software antara lain : File Detonator; Lock Hunter; atau menggunakan Unlocker. Masing-masing software tersebut dapat diunduh dan dipilih melalui ini : File Detonator (Penghapus File) atau software lain seperti : Lock Hunter (Penghapus File), atau dapat juga menggunakan ini : Unlocker (Penghapus File). File-file tersebut besaran byte-nya kecil kecil, namun manfaatnya luar biasa. Demikian info didapatkan dari berbagai sumber blog. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar