Maps

Jumat, 24 Desember 2010

Pustakawan, Newbie atau peminat Linux, penting untuk coba software ini !

Setelah artikel  tentang emulasi untuk aplikasi Linux di Windows (VMware). Penulis menemukan sebuah web yang luar biasa  dimana salah satunya isinya antara lain tentang pengetesan booting sistem. Hal ini penting untuk menguji apakah CD/DVD installer yang kita miliki seperti windows atau linux bisa booting seperti yang diharapkan. Kelebihan dari software ini tidak hanya pada CD/DVD saja namun juga installer yang dibuat dalam sebuah flasdisk. File kecil manfaatnya luar biasa manfaatkan, unduh gratis dan sudah dicoba lihat hasil seperti pada gambar !
Kenapa pustakawan bagian jurnal atau majalah harus memiliki? Karena perpustakaan yang melanggan majalah "Info Linux" atau "Info Komputer" biasanya setiap penerbitan menyertakan satu keping  atau lebih CD/DVD installer. Dalam petunjuk yang tertera di CD/DVD yang tidak bisa dijalankan (rusak) akan diganti oleh penerbit secara gratis. Belum lagi DVD dari Info Linux terkadang menyertakan lebih dari satu distro Linux : Ubuntu; Mandriva; Zentos; dan lain-lainnya. Oleh sebab itu dengan menggunakan software ini kita bisa mengecek isi berbagai distro linux tanpa harus menginstal atau mengecek Linux tersebut bisa jalan (loading) apa tidak. Software installer yang dimaksud disini adalah Moba Live CD berbasis QEMU. Bagi pemula Linux software ini sangat membantu karena tanpa harus menginstal Linux seperti pada VMware. Sehingga fungsi dari MobaLiveCD hanya sebagai pengecek installer saja. Gambar di bawah ini hasil percobaan saya dengan sistem operasi Windows7 :


Berhubung Moba LiveCD tidak bisa mengatur pemakaian besaran memory seperti VMware, kami sarankan minimal memory komputer gunakan 1GB. Meski memory hanya 512 MB bisa jalan namun loadingnya benar-benar sangat lambat (lemot). Bagi yang berminat silahkan unduh disini : Installer LiveCD . Selamat mencoba ! Sumber dimodifikasi : www.hong.web.id. Hampir ketinggalan satu informasi penting loading MobaLiveCD : file yang dibaca berekstensi ISO. Distro Linux rata-rata menggunakan file ini. Bilamana mengalami kendala silahkan tulis di komentar, Insya Allah akan kami bantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar