Maps

Senin, 27 Desember 2010

Tips kirim file ukuran besar melalui attachment email.

Batas maksimum pengiriman file attachment berbeda-beda. Pada email Yahoo dan Hotmail dibatasi maksimal file sebesar 10 MB. Sedangkan Gmail memberikan batas maksimal terbesar saat ini yaitu sebesar 25 MB (update). Lantas bagaimana jika kita ingin mengirim lebih besar dari kapasitas maksimal pengiriman melalui email attachment. Caranya tidak terlalu sulit yaitu dengan membagi beberapa pecahan file yang masing-masing dikirim bergantian (meski file tidak urut) tidak masalah yang penting seluruh komponen pecahan file tersebut terkirim. Ada beberapa software yang bisa digunakan ada yang berbayar dan ada yang "free" (gratis).
Ada software bernama FSJsplit bisa digunakan memecah file besar sesuai keinginan kita. Misalkan kita ingin mengirim file sebesar 100 MB melalui Gmail maksimum kapasitas pengiriman melalui attachment adalah sebesar 25 MB. Maka file tersebut masing-masing bisa dibagi menjadi 5 bagian masing-masing sebesar 20 MB.  Caranya adalah : 1. Buka Program FSJSplit lalu pilih "SPLIT". 2. Klik "INPUT FILE" lalu pilih file yang akan di pecah. Disini kita bisa mengatur besar file pecahan sesuai dengan keinginan. Seperti gambar berikut ini :



Pada jendela kotak dialog "split file size" gambar di atas, dapat dirubah sesuai dengan keinginan. Tentu disesuaikan dengan batas limit pengiriman dari email yang kita gunakan. Seperti telah dijelaskan terdahulu masing-masing penyedia layanan email provider yang satu dengan yang lain berbeda-beda, sehingga perlu menyesuaikan batas toleransi yang diijinkan. Klik Start maka software akan memproses membagi file menjadi beberapa bagian. Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk aplikasi ini antara lain : FSJSplit; GSplit; 7Zip; dan Winrar. Masing-masing software tersebut bisa diunduh dengan klik : Pengelola File FSJSplit, FSJSplit dapat diunduh di dua server : klik di External Mirror 1 atau FreewareFiles Mirror (US), selain ini dapat juga menggunakan Gsplit dengan klik : Pengelola File Gsplit, atau menggunakan program yang pernah kami tulis 7Zip unduh dengan klik:  Pengelola File 7Z (7Zip), bagi yang ingin WinRar klik disini :   Pengelola File WinRAR. WinRar salah satu jenis software aplikasi yang sudah lama dikenal masyarakat mempunyai kemampuan untuk membongkar (extract) dan membagi (split) file dengan besaran tertentu. Saran untuk menggabungkan pencahan file-file tersebut yang paling mudah menggunakan 7Z. Setelah 7Z (7Zip) di install cukup klik kanan > pilih 7zip > extract here. Selain itu anda juga bisa menggunakan HJSplit yang bisa diunduh disiniHJSplit. Langkah terakhir anda bisa gunakan  "data storage" sebagai tempat titipan data ada yang bisa di share dan didownload dengan mudah dan gratis  di Dropbox,  kapasitas maksimal 2 GB. Sumber : berbagai blogger. Demikian sharing dari  kami kurang-lebihnya bisa kita diskusikan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!


        

13 komentar:

  1. Balasan
    1. Horas ba terima kasih respon Anda. Semoga sharing ini bermanfaat bagi kita semua !

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih info menarik anda kita bisa sharing ke teman-teman yang lain.

      Hapus
  3. Terima kasih respon yang positip Anda membuat semangat kami, sekali lagi terima kasih. Semoga bermanfaat !

    BalasHapus
  4. Sarannya, gimana kalo dijadikan point2 aja. Biar lebih mudah bacanya dan memahaminya. Dan kalo bisa dikasih gambar. \thank

    BalasHapus
  5. Terima kasih Erick saran anda kami pertimbangkan demi kebaikan blog kita ini. Sukses dan sukses selalu !!!

    BalasHapus
  6. Trimakasih tulisannya ...sangat bermanfaat banget...

    BalasHapus
  7. Terima kasih mbak Mujinem atas kunjungannya semoga tidak bosan-bosan singgah di blog ini. Sukses selalu !

    BalasHapus
  8. DO YOU NEED A LOAN TO START UP OR EXPAND YOUR BUSINESS? petersonclark financial services is a sincere and certified private Loan company
    approved by the Canada Government, we give out international and local loans to all countries in the world, Amount given out $2,500 to $10 Million.
    We offer loans with a dependable guarantee to all of our clients. Our loan interest rates are very low and affordable with a negotiable duration.

    Apply for a loan today with your loan amount and duration, Its Easy and fast to get 3% interest rates and monthly installment payments. email us now to apply: petersonclarkloanfirmusa.org@gmail.com

    TO APPLY:
    Regards
    bryce knorr
    General Manager
    peterson capital investment, Canada
    Email: petersonclarkloanfirmusa.org@gmail.com

    BalasHapus