Maps

Senin, 10 Juni 2013

Memainkan Game DOS Di Windows 7 Dengan DOSBox



Pernahkah terpikir untuk memainkan kembali game-game saat komputer masih berbasis DOS? Dulu sering saya bawa disket besar untuk main game di rumah teman, saling tukar game. Pada saat itu beberapa game komputer yang terkenal adalah Doom, Prince of Persia, Operation Wolf, Pacman, Castlevania, dan masih banyak lagi. Sempat terpikir untuk memainkannya kembali, sekedar pelepas rasa jenuh. Akhirnya kudapatkan juga game Prince of Persia dapat dijalankan di Windows 7.
DOSBox adalah emulator untuk menjalankan program-program yang berbasis DOS. Bukan hanya game, program-program lain seperti Lotus juga bisa dijalankan. Cara penggunaanya pun cukup mudah. Setelah di-install jalankan DOSBox dari Start Menu. Tampilan pertama dari DOSBox seperti gambar di bawah.



Tampilannya seperti Command Prompt. Nah, dari sini kita harus mount folder yang akan dimainkan. Ketikkan perintah dengan format Z:\>mount [drive] [folder game]. Contohnya, menjalankan Prince of Persia, Z:\>mount x c:\prince, dengan asumsi folder ‘prince’ di drive C didaftarkan ke drive virtual X.



Setelah berhasil kita pindah ke drive X dengan mengetikkan Z:\>C: dan ketik Z:\>dir untuk melihat isinya. Cari file eksekusinya lalu jalankan. Dan akhirnya, tampil seperti layar berikut ini :



Kemudian setelah kita enter lagi maka akan membawa kita ke layar game yang akan kita gunakan seperti berikut ini :

Game ini memang tidak mudah perlu permainan tombol panah ke kanan-kiri, ke atas-bawah yang harus pas jika tidak ingin mati. Jika berhasil permainan ini dapat meningkat berdasarkan Level 1,2,3,4, dst. Sayang ketika sudah masuk Dosbox untuk keluarnya harus menggunakan Control Alt Del agar dapat menghapus Dosbox yang aktif. Jika rekan-rekan menemukan solusi cara keluar [exit] mohon dishare ke kita semua. Biasanya mas Setiawan ....... (Canggu)  memainkan ini cukup pandai mohon di share ya mas...... .

Jika ingin tampilan fullscreen kita bisa membuka file DOSBox.conf lalu mengganti konfigurasi fullscreen=true. Perintah fullscreen ketika DosBox sudah aktif saya dapat menemukan cara paling mudah dengan cara klik ALT + ENTER, kemudian sebaliknya jika kita ingin keluar dari fullscreen dapat menggunakan perintah yang sama dengan meng klik ALT + ENTER.

DOSBox bisa di-download secara gratis disini. Yang versi update 0.74 disini.


Description

DOSBox emulates a full x86 pc with sound and DOS. Its main use is to run old DOS games on platforms which don't have DOS (Windows 7 / Windows Vista / Windows 2000 / Windows XP / Linux / FreeBSD / Mac OS X)

Dan untuk game Prince of Persia kita bisa unduh di sini yang lebih lengkap disini, selain itu masih cukup banyak game kuno yang tersedia. Selamat bernostalgia. Semoga bermanfaat untuk hiburan anak cucu kita.
 



 



 

 

1 komentar:

  1. mantep mas, maksih infonya, saya salah satu penggemar game2 jadul, sekalian ingat2 jaman masih kecil, yang komputer masih pakai disket, sippp!

    BalasHapus