Maps

Selasa, 21 Mei 2013

Tips dan Trik membaca file ISO dan backup partisi aplikasi

Karena lama nggak ngeblog maka kali ini saya akan share dua perangkat lunak sekaligus, dengan harapan dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan kita semua, agar tidak lagi dibebani dengan instal-menginstal lagi.Keuntungan menggunakan backup partisi aplikasi, ketika ada masalah program windows kita error akibat virus maupun pemakaian maka hanya dengan hitungan menit kita sudah dapat mengembalikan windows tersebut dalam kondisi normal kembali termasuk semua program-program yang sudah terinstal sebelumnya. Disini dapat kita gunakan perangkat lunak Ghost.Iso yang mana software ini dapat dibakar ke dalam bentuk file-file CD/DVD, dengan Image Burnning agar memiliki kemampuan booting melalui CD/DVD. Berikut ini kami sajikan beberapa gambar perangkat lunak Ghost mulai dari menu utama adalah sebagai berikut: 


Ketika klik OK, maka kita akan masuk ke menu kedua seperti gambar kedua di bawah ini :


Dari menu seperti gambar di atas pilih Local pilih Partition untuk membuat backup pilih To Image yang mana file Image ini harus disimpan pada partisi D. Sedangkan untuk merestore (membongkar) backup file proses awal sama dengan yang di atas, namun yang berbeda From Image. Dalam gambar ke tiga seperti di bawah menunjukkan partisi C (primary) yang akan di backup dan file tersebut diletakkan pada partisi D.


Sedangkan perangkat lunak di bawah ini merupakan media aplikasi untuk beberapa keperluan file ISO. Salah satunya PowerISO adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memroses berkas gambar (file images) pada CD / DVD, sehingga dengan PowerISO memungkinkan pengguna (user) untuk membuka, mengekstrak, membuat, menyunting (edit), mengompres, mengenkripsi, memecah dan mengkonversi berkas-berkas (file-file) ISO (format berkas), serta me-mount berkas-berkas dengan virtual drive internal. Hal ini dapat memproses hampir semua berkas gambar CD-ROM termasuk ISO dan BIN (format berkas).  Gambar tampilan menu utama seperti berikut ini :


Dari file-fle yang berada di kolom sebelah kanan kita dapat jalankan secara virtual dengan meng-klik Ghost32.exe, maka kita akan masuk ke menu berikutnya :



Dari menu pilihan gambar di atas kita dapat memilih Run the file directly yaitu untuk menjalankan program secara virtual, sedangkan Extract of files to temporary folder digunakan untuk membongkar file iso menjadi beberapa bagian yang dapat diaplikasikan secara riil ke dalam folder temporary.


Selain itu ada perangkat lunak lain yang bernama UltraISO adalah sebuah perangkat lunak buatan EZB Systems, Inc. yang dapat membuat salinan data CD dan DVD persis seperti aslinya (image) serta mampu menangani 46 jenis format salinan data yang berbeda. Program ini juga dapat melakukan berbagai macam konversi berkas, misalnya mengubah lagu berformat CDDA menjadi MP3.

Salah satu keunikan program ini adalah dapat mengubah informasi metadata sebuah media salinan (image) ataupun berkas (file) yang ada, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Selain itu juga mendukung antarmuka 41 bahasa nasional berbagai negara di dunia yang sayangnya belum termasuk Bahasa Indonesia.
 
Dari uraian Tips dan trik ini dijelaskan ada dua perangkat lunak yang digunakan Ghost.exe untuk backup dan restore partisi, sedangkan Power Iso merupakan perangkat lunak untuk menjalankan program secara vistual dan pembuatan file ISO. Bagi peminat perangkat lunak backup klik disini Media Backup Partisi, selanjutnya yang menginginkan aplikasi ISO klik disini Media Aplikasi Iso; Daemon Tools klik disini : DAEMON Tools ISO. Yang minat Ultra ISO klik disini : Ultra ISO. Semua aplikasi untuk proses file ISO telah kami uji coba terekomendasi berjalan sempurna.  Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kita semua !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar