Maps

Selasa, 24 Juli 2012

Menggabungkan File-file Potongan Video Menjadi Satu


Menggabungkan (merge) dua atau lebih file video di sini artinya menggabungkan file-file video sejenis yang terpisah menjadi satu file gabungan yang utuh. File MPG dan FLV merupakan file video yang banyak tersedia di internet, khususnya file FLV yang jadi format standar youtube.com, sering dipecah menjadi bagian per bagian karena batasan dan kemudahan dalam upload file tersebut dibandingkan dengan mengupload dalam ukuran aslinya yang besar.
Masalahnya setelah didownload file bagian-bagian tersebut berjumlah banyak selain itu tersebarnya file terkadang membuat tidak nyaman menonton video secara bagian per bagian. Nah untuk menyatukan menjadi file utuh, banyak pilihan bagi anda, bisa pakai software bayar atau gratisan yang banyak tersedia di internet, atau bisa juga menggunakan cara sederhana berikut ini:
1. Buka aplikasi notepad atau text editor lainnya.
2. Ketikan “copy /b *.flv BarbieFull.flv” (tanpa tanda kutip)


Notepad yang sudah kita buat kita simpan dengan nama terserah misal gabung.bat atau join.bat disini saya simpan dengan nama Join.bat, perhatikan gambar di bawah ada gambar roda bergerigi besar dan kecil, menandakan bentuk file eksekusi gabung file-file sesuai jumlah dari potongan yang diunggah di youtube.
Letakkan file Join.bat yang baru kita buat itu ke dalam folder yang sama dimana file *.flv akan di gabungkan.

Sedangkan contoh hasil download film yang diunggah dengan potongan-potongan file FLV di youtube dapat dilihat seperti gambar berikut ini, jika tidak digabung sebenarnya GOM player maupun Window media player  secara otomatis dapat juga memutar seluruh file tersebut berdasarkan urutan nomor potongan. Namun untuk mengatur file-file yang begitu banyak tentu tidaklah mudah apalagi jika kita memiliki koleksi film banyak. Perhatikan potongan film Barbie yang terdiri dari 8 file seperti berikut ini :

Untuk menjalankan proses penggabungan klik Join 2 x sehingga proses eksekusi akan seperti gambar berikut ini.


Setelah file-file tergabung menjadi satu kita dapat memberikan nama file sesuai dengan keinginan kita dengan merename. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

5 komentar:

  1. udah q coba tp kok g bs gabung.. cuma file 1 aja yg muncul pdhal mo gabung 4 file, hasil convert cuma file 1 isinya?? gmn ni gan??

    BalasHapus
  2. hebat, berhasil 100%. terima kasih sharing nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak yang bapak lakukan berhasil 100% pertanyaan saya dimana file yang sudah tergabung letaknya trim

      Hapus
  3. Pak saya melakukan cara seperti bapak persis dan berhasil namun file yang sudah menjadi satu kok ga ada alias ga kelihatan, file yang mana hasil dari penggabungan itu trim

    BalasHapus