Maps

Sabtu, 30 Juli 2011

Virtual canggih yang bermanfaat bagi para pustakawan atau pemerhati sistem operasi.

VMware workstation, merupakan salah satu tool virtual machine yang popular dan kaya fitur. VMware juga termasuk produk proprietary yang relative mahal, yaitu sebesar US$189 untuk pembelian baru dengan media elektronik (retail : US$209).

Tampilan instalasi awal seperti gambar berikut ini, dan jangan ragu software ini telah kami coba berjalan seratus prosen, hanya saja segera download sebelum terhapus dari server karena reaksi dari distributor software ini. 

 
Berikut ini adalah beberapa fitur VMware workstation (diambil dari website):
  • Memiliki dukungan terluas untuk host dan guest. Produk ini mendukung Windows dan Linux di sisi host dan mendukung sebagian besar versi desktop dan server Windows, Linux, Solaris x86, Netware dan FreeBSD di sisi guest. VMware workstation juga mendukung system operasi 32 bit dan 64 bit, baik pada host dan guest.
  • Datang dengan arsitektur virtual machine yang terbaik di kelasnya. Setiap virtual machine bebas dikonfigurasi sesuai preferensi, baik dari sisi ukuran memory, disk, I/O, dan berbagai peripheral lain.
VMware merupakan salah satu solusi untuk menjalankan beberapa sistem operasi agar dapat bekerja secara simulasi pada sebuah komputer. Contoh sistem operasinya adalah Windows dan Linux. Kemampuan hardware akan menentukan performa system operasi yang berjalan secara simultan. Karena kedua sistem operasi dihidupkan secara bersama-sama untuk mengendalikan sumber daya pada komputer, kita membutuhkan processor dan RAM dengan kemampuan tinggi.

VMware adalah suatu perangkat lunak yang dapat menciptakan atau mengemulasikan PC baru, yang disebut mesin virtual. Perangkat keras yang terdapat di dalam mesin virtual sama seperti perangkat yang dipakai PC, misalnya CPU, RAM, harddisk, keyboard, mouse, CD/DVDROM, sound card, VGA card, dan sebagainya. Dengan kata lain, ada PC di dalam PC.

Sistem operasi yang diinstal melalui VMWare disebut guest operating system (sistem operasi guest). Sistem operasi tersebut dapat dijalankan berdampingan dengan sistem operasi utama atau host operating system, yaitu sistem operasi di mana VMware diinstal. Pada proses instalasi sistem operasi guest, harddisk tidak perlu dipartisi karena VMware telah mengaturnya dengan sangat mudah sehingga data yang ada di dalamnya tidak perlu dikhawatirkan. Instalasinya pun sama seperti ketika menginstal pada komputer biasa.

Sistem VMware dapat dibangun di atas Windows dan Linux. Oleh karena itu, salah satu sistem operasi harus dipilih untuk menjadi host operating system (sistem operasi utama). Sebagai contoh, jika ingin membuat Linux sebagai sistem operasi utama komputer, maka kita harus menginstal Linux terlebih dahulu. Kemudian, install VMware pada sistem operasi Linux. Setelah itu, di atas VMware kita install Windows sebagai sistem operasi guest sesuai dengan keinginan, misalnya Windows 98 atau 2000. Sebaliknya, bila menginginkan Windows sebagai sistem operasi utama pada komputer, maka kita harus menginstal Windows terlebih dahulu. Setelah itu, install VMware di atas Windows, baru kemudian install Linux sebagai sistem operasi guest.

Seperti diketahui, harga VMware workstation sangatlah mahal untuk ukuran pengguna di Indonesia. Namun, saat ini tersedia VMware player, yang memungkinkan kita untuk menjalankan virtual machine yang dibangun di antaranya oleh VMware workstation, VMware Server dan VMware ESX. Produk ini bebas di-download dari website VMware. VMware player sendiri tidak dapat membuat virtual machine. Namun, kita dapat menggunakan layanan semacam EasyVMX (http://www.easyvmx.com/)  yang diantaranya dapat membuat virtual machine yang bisa dijalankan oleh VMware player. VMware workstation versi 6 ini berdasarkan uji coba saya merupakan versi yang stabil.

Oleh karena file besar maka kami pecah menjadi empat bagian silahkan download disini : Part 1, Part 2Part 3,  dan yang terakhir adalah  Part 4. Setelah didownload gabung dengan bantuan software Winrar, password ketiklah: suwarso.wordpress.com. Yang menarik mesin virtual ini  telah saya coba dengan menjalankan beberapa aplikasi Linux, yang di dalamnya Linux tersebut ada aplikasi berbasis DOS maupun Windows seperti: CDS/ISIS, Winisis, SIMPUS (basis DOS), Athenaneum (KALI--http://kali-indonesia.blogspot.com/) semua berjalan sempurna serasa berada di sistem operasi sesungguhnya !!!
    
Pada versi beta, VMware workstation telah mencapai versi 6.5 dan di antaranya datang dengan satu fitur yang sangat menarik, yaitu Unity mode. Pada modus ini kita bisa mengintegrasikan aplikasi di guest dengan system host kita. Secara teknis, kita membuka window aplikasi, masuk ke modus unity dan window VMware workstation akan di-minimize secara otomatis. Dengan demikian, window aplikasi di guest akan terintegrasi. Untuk informasi selengkapnya, kunjungilah http://vmware.com/products/ws/

Selamat mencoba semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar