Maps

Selasa, 08 Maret 2011

Media konversi untuk mengelola koleksi Audio-Visual di Perpustakaan

Koleksi perpustakaan selain "Book Material" seperti lazimnya koleksi  berupa buku dan majalah, ketika itu telah dikenal koleksi jenis "Non Book Material" antara lain : piringan hitam, video kaset, tape kaset, microfilm, microfiche, slide, transparancy, dan lain sebagainya. Dalam perkembangan bidang teknologi informasi muncul media baru yang disebut dengan CD Player/DVD Player dan Mp3 Player.
Untuk ini pustakawan dituntut untuk lebih kreatif dalam menyediakan koleksi dalam bentuk audio-visual. Apalagi melihat perkembangan media jenis ini sangat luar biasa. Banyak card-card yang terus meningkat kapasitasnya, seperti MMC (multi media card) yang dapat menyimpan file berbagai bentuk, seperti MP3, MPEG, AVI, SVCD, VCD (Film), JPEG, BMP, GIV, dan lain sebagainya. Pada dasarnya file-file tersebut merupakan jenis file Audio-Visual. Untuk mengelola file-file sesuai dengan media yang akan digunakan file-file ini terkadang memerlukan konversi dari format tertentu ke format yang lain. Sebagai contoh ada keinginan bahwa bahan pelajaran yang tersimpan dalam CD dengan format VCD/DAT diinginkan akan diubah menjadi MP3 atau MPEG agar bisa didengarkan menggunakan media MP3 Player. Maka file ini harus dikonversi lebih dahulu dari file VCD/DAT menjadi MP3. Salah satu solusinya kita bisa gunakan program konversi Total Video Converter, tampilan utamanya seperti berikut ini :


Media konversi ini menawarkan file output, seperti MP3, MPEG, AVI, SVCD, VCD. dan lain sebagainya. Tampilan  menu-menu output file-nya seperti gambar berikut ini :





Pemakai distro sistem operasi Linux terutama Ubuntu, untuk dapat memutar musik dapat menggunakan media konversi ini dengan mengkonversi file MP3 menjadi MPEG terlebih dahulu. Karena Ubuntu tidak menyediakan sejenis winamp di Windows yang bisa memutar MP3. Berdasarkan pengalaman penulis, dari pada harus upgrade secara online yang tidak mudah dan belum tentu berhasil, maka saya lakukan saja konversi dari file MP3 ke MPEG.

Selain itu bagi jasa penyedia lagu-lagu ringtone HP, software ini cukup memadai untuk menyediakan berbagai format file sesuai dengan permintaan pembelinya. Bagi yang berminat download bisa klik ini: Media Konversi Audio-Visual
Kelebihan software ini tidak perlu diinstal ke dalam komputer, sehingga dapat digunakan di flashdisk, biasanya software yang dapat dijalankan langsung melalui flashdisk lebih dikenal dengan sebutan portabel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar