Maps

Selasa, 11 Februari 2014

MENGATASI USB DEVICE NOT RECOGNIZED DENGAN MICROSOFT FIXIT



USB device not recognized adalah keterangan yang muncul saat kemarin saya mencolokkan modem USB pemberian teman. Artinya notebook yang saya gunakan sebenarnya dapat mendeteksi USB akan tetapi tidak dapat membaca/menjalankan (plug & play) hadware yang ada di dalamnya. Sayapun browsing untuk mencari solusinya, dan memang banyak refensi yang ada di internet untuk mengatasi hal ini, dari mulai scan hadware melalui device manager sampai dengan meng-uninstall  USB universal host controller yang sudah tertanam pada notebook  akan tetapi hasilnya tetap nihil, sampai pada akhirnya saya mencoba menggunakan tool Fixit dari Microsoft yang khusus untuk mengatasi masalah USB ini dan Alhamdulillah berhasil.
Tool Fixit ini bekerja di Microsoft Windows 7 khusus untuk mengatasi USB yang bermasalah/device not recognized, untuk versi windows lainnya silahkan sobat browsing sendiri. 

Langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Klik Run Now >> maka secara otomatis tool ini akan terdownload (diunduh otomatis) (339,28 KB)
2. Jalankan aplikasi dengan mengklik dua kali file yang berhasil didownload, tunggu prosesnya selesai sampai muncul tampilan seperti gambar berikut :

3. Klik pilihan pertama yaitu "Detect problem and apply the fixes for me (recommended)". Tunggu sampai semua prosesnya selesai dan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa tidak terdapat masalah lagi pada USB di komputer kita.

4. Colokkan kembali USB sobat.
Maka komputer akan dapat membaca dan menjalankan USB secara normal kembali dan tunggu sampai installasi USB baru selesai dengan sempurna (khusus modem : jalankan juga intallasi drivernya), inilah cara sederhana untuk mengatasi USB device not recognized semoga sobat juga berhasil menggunakan tool Fixit ini. Jika semua cara sudah dicoba dan tidak berhasil maka kemungkinan memang USB-nya (modem, flashdisk,card-reader) yang bermasalah.

Bagi yang berminat dapat mengunduh aplikasi di alamat berikut ini  : FIXit FlashDisk Device. Selamat mencoba semoga bermanfaat. 

Sumber : http://melangkahdenganhati.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar