Maps

Rabu, 19 Januari 2011

Software perkantoran "open source" gratis dapat diunduh disini

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database).
OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. Maksudnya paket aplikasi ini dapat diinstal berbagai sistem operasi tersebut. Oleh sebab itu tidak ada ruginya jika kita mencoba dan membandingkannya dengan software yang harus dibeli lisensinya seperti dari Microsoft. Bagi yang berminat download versi lengkapnya silahkan klik disini : OpenOffice full, versi terakhir adalah 3.3.0 RC9. sedangkan yang ingin dapat dijalankan di flashdisk dapat menggunakan versi portable, yang berminat dapat download disini : OpenOffice Portable. Kedua software Microsoft Office dan OpenOffice dapat diinstal kedua-duanya, artinya ketika OpenOffice diinstal tidak akan menindas pada software Microsoft Office anda yang telah terinstal sebelumnya.

Meski tidak selengkap OpenOffice software ini layak untuk digunakan terutama sejenis word. Software ini termasuk "open source" dan "free". AbiWord merupakan aplikasi pengolah kata yang dikembangkan AbiSource Community. Sepintas AbiWord memiliki tampilan yang simple, mirip dengan pengolah kata berbayar lainnya. Yang membuat AbiWord spesial adalah sifatnya yang terbuka, untuk lebih memahami konsepnya kunjungi. http://www.opensource.orgKarena AbiWord adalah Open Source maka bebas didistribusikan, dikopikan, dan dipakai siapa saja secara legal dibawah lisensi GNU.  Apakah AbiWord shareware ? Bukan, anda tidak perlu membayar siapa pun untuk mendapatkan hak akses penuh atas AbiWord. 

AbiWord itu gratis, dan akan tetap gratis. AbiWord dikembangkan oleh banyak pihak dan komunitas di dunia yang terhubung melalui media internet. AbiWord dapat berjalan dalam beberapa platform berbeda, maksudnya dapat dijalankan dengan baik pada Operating Sistem yang anda gunakan, seperti Windows NT (Windows XP, Vista, …), Mac OS, Linux, beberapa variasi dari UNIX-like systems. AbiWord telah mencapai versi 2.8.6 yang juga merupakan perbaikan dari versi 2.8.5. Jadi tunggu apa kok tidak menggunakan Open Source, apalagi  "full" gratis ? Mari sukseskan IGOS (Indonesia Go Open Source). AbiWord juga telah dipaketkan dalam beberapa versi dari BlankOn.  Jika anda berminat silahkan download disini : Abi WordSelamat mencoba dan mari kita diskusikan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar